top of page

Home /  speaker /

Michael Bloomberg

Michael Bloomberg

CEO Bloomberg LP

Mike Bloomberg adalah seorang pengusaha dan dermawan yang menjabat tiga periode sebagai Walikota Kota New York.


Lahir di Boston pada 14 Februari 1942 dan dibesarkan di rumah kelas menengah di Medford, Massachusetts, Michael Bloomberg kuliah di Universitas Johns Hopkins, di mana ia membayar uang sekolahnya dengan mengambil pinjaman dan bekerja sebagai petugas parkir. Setelah kuliah, ia menghadiri Harvard Business School dan pada tahun 1966 dipekerjakan oleh perusahaan Wall Street, Salomon Brothers, untuk pekerjaan tingkat awal.


Bloomberg dengan cepat naik pangkat di Salomon, mengawasi perdagangan dan penjualan ekuitas sebelum memimpin sistem informasi perusahaan. Ketika Salomon diakuisisi pada tahun 1981, dia dilepaskan dari perusahaan. Dengan visi perusahaan teknologi informasi yang akan membawa transparansi dan efisiensi dalam pembelian dan penjualan sekuritas keuangan, ia meluncurkan startup kecil di kantor satu kamar. Saat ini, Bloomberg LP adalah perusahaan global yang memiliki lebih dari 15.000 karyawan dan kantor di 73 negara di seluruh dunia.


Selama masa jabatannya sebagai walikota, dari 2002 hingga 2013, Bloomberg membawa pendekatan berbasis inovasinya ke pemerintah kota. Dia membalikkan sistem sekolah umum yang rusak dengan meningkatkan standar dan meminta pertanggungjawaban sekolah atas keberhasilannya. Dia mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja dengan merevitalisasi kawasan industri lama, memacu kewirausahaan, mendukung usaha kecil, dan memperkuat industri utama.


Kecintaannya pada kesehatan masyarakat menghasilkan strategi baru yang ambisius yang menjadi model nasional, termasuk larangan merokok di semua tempat kerja dalam ruangan, serta di taman dan pantai.


Setelah meninggalkan Balai Kota, Michael Bloomberg kembali ke perusahaan yang ia dirikan, Bloomberg LP, sambil juga mencurahkan lebih banyak waktu untuk filantropi, yang telah menjadi prioritas utama baginya sepanjang karirnya.


Saat ini, Bloomberg Philanthropies (didirikan pada tahun 2006) menggunakan pendekatan berbasis data yang unik untuk perubahan global yang tumbuh dari pengalamannya sebagai pengusaha dan walikota.

Michael Bloomberg
bottom of page