Sub-national Track : Governor’s Forum on Energy Transition

kegiatan IESR.png

8 Mar 2022

Sub-national Track : Governor’s Forum on Energy Transition

Governor’s Forum on Energy Transition merupakan wadah untuk menggali kepemimpinan dan komitmen dari kepala daerah dalam transisi energi dan perkembangan energi surya di daerah masing-masing. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur atau Wakil Gubernur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral/rumpun dinas terkait dari 34 provinsi.


Transisi energi telah menjadi isu yang mendesak di daerah. Dalam implementasinya, transisi energi memerlukan keterlibatan banyak pihak. Kepala daerah dapat melaksanakan transisi energi dimulai dengan dengan pemanfaatan PLTS atap. Pengembangan PLTS atap dapat dilaksanakan dari lingkup yang paling kecil, misalnya rumah kediaman masing-masing kepala daerah, sekolah, bangunan gedung pemerintah dan fasilitas publik lainnya, sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat.


Salah satu tantangan implementasi PLTS atap untuk masyarakat adalah pembiayaan. Namun demikin, terdapat beberapa inovasi skema yang bisa dieksplorasi, termasuk dengan melibatkan lembaga keuangan/perbankan daerah. Selain itu, kebijakan tentang pemanfaatan keuntungan BUMN untuk sumber pembiayaan tanpa bunga bagi usaha kecil/koperasi dapat menjadi alternatif pembiayaan dalam adopsi PLTS atap. Dengan kerja sama kementerian dan lembaga terkait, hal ini bisa menjadi rekomendasi kebijakan daerah untuk pembiayaan PLTS yang bisa dideklarasikan tahun ini.


Pemerintah pusat dan daerah dapat mulai mengidentifikasi lokasi-lokasi potensi sumber daya alam yang dapat dikembangkan menjadi ekosistem industri surya yang terintegrasi, sehingga bisa mendongkrak produk dan kesempatan usaha dalam negeri; misalnya potensi pasir kuarsa sebagai material sel surya di Sulawesi Tenggara. Jika permintaan PLTS dalam negeri meningkat, pemerintah juga dapat merealisasikan investasi industri surya di sektor hulu.


Hambatan-hambatan dalam adopsi PLTS yang berasal dari PLN masih dihadapi sejumlah sektor. DEN akan berdiskusi dengan berbagai pihak, termasuk dengan pemerintah pusat untuk mengatasi permasalahan tersebut. DEN juga menghimbau kepala daerah untuk bisa berdiskusi dengan GM PLN UID setempat untuk mengidentifikasi kondisi kelistrikan daerah dalam rangka akselerasi PLTS.