Beranda / Tentang

ISS Icon-08.png

Tentang Kami

Indonesia Solar Summit (ISS) 2022 adalah serangkaian acara multistakeholders yang bertujuan untuk memobilisasi potensi investasi energi surya Indonesia dan mengakselerasi pemanfaatan PLTS untuk mencapai target Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). ISS 2022 menjangkau dan melibatkan kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, pelaku bisnis, lembaga keuangan, asosiasi, pengembang energi surya, dan masyarakat umum. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan Institute for Essential Services Reform (IESR).

ISS 2022 merupakan puncak dengan rangkaian acara yang terdiri dari 4 (empat) track: sub-national government, finance, commercial and industry, dan independent power producers (IPPs). Kegiatan pra-acara ini akan mengidentifikasi perkembangan, realisasi, potensi, dan komitmen pengembangan proyek PLTS pada 2022, serta hingga 2025 dan 2030. Komitmen yang disasar ISS 2022 adalah kapasitas kumulatif hingga 1 GW yang dapat dibangun pada 2022/2023, 10 GW hingga 2025, dan 30 GW hingga 2030 beserta komitmen investasi sesuai dengan kapasitas tersebut dari lembaga pembiayaan. Komitmen ini juga akan membuka peluang pengembangan industri surya dalam negeri, termasuk industri sel dan modul surya dan industri baterai.

Kata Pengantar

 
 

Pra-Acara ISS 2022

Rangkuman Kegiatan

Finance Track : Financier’s Club

17 Mar 2022

Finance Track - Financiers Club sebagai wadah diskusi dan penggalian informasi tentang instrumen pembiyaan, pendanaan, dan mitigasi risiko yang tersedia dalam pengembangan PLTS. Selain itu, komitmen dari lembaga keungan dan lembaga penyalur pendanaan dalam mendukung program pendanaan hijau dalam mendukung proyek energi terbarukan 2022 hingga 2030 menjadi output dalam kegiatan ini. Diskusi Finaciers Club dihadiri oleh 95 peserta dari regulator, perbankan, serta lembaga keuangan dan pembiayaan terkait.

Finance Track : Financier’s Club

Rangkuman Kegiatan

C&I Track : Business Going Green

14 Mar 2022

C&I Track - Business Going Green bertujuan untuk menggali informasi dan data realisasi terbaru serta pengembangan pemanfaatan, project pipeline, dan penggalian komitmen dari pelaku bisnis, komersial, dan industri dalam pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan dari tahun 2022 hingga 2030. Acara Business Going Green yang diselenggarakan pada pertengahan Maret dihadiri oleh 54 peserta dari sektor komersial dan industri.

C&I Track : Business Going Green

Rangkuman Kegiatan

IPP Track : IPP Club

14 Mar 2022

IPP Track - IPP Club bertujuan untuk menggali informasi realisasi dan PPA PLTS, identifikasi project pipeline skala besar, dan rekomendasi perbaikan peraturan, perizinan, hingga prosedur pengadaan yang efektif dan mampu menarik penawaran terbaik. Selain itu forum ini sebagai wadah untuk menggali komitmen baik IPP serta PLN dalam pengembangan PLTS skala besar di tahun 2022, serta hingga 2025 dan 2030. Acara IPP track yang diselenggarakan pada pertengahan Maret dihadiri oleh 55 peserta dari kalangan IPP, pemegang IUPTLU, dan pengelola kawasan industri.

IPP Track : IPP Club

Rangkuman Kegiatan

Sub-national Track : Governor’s Forum on Energy Transition

8 Mar 2022

Governor’s Forum on Energy Transition merupakan wadah untuk menggali kepemimpinan dan komitmen dari kepala daerah dalam transisi energi dan perkembangan energi surya di daerah masing-masing. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur atau Wakil Gubernur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral/rumpun dinas terkait dari 34 provinsi.

Sub-national Track : Governor’s Forum on Energy Transition

Rangkuman Kegiatan

Forum Energi Daerah

22 Feb 2022

Sub-national governments track - Forum Energi Daerah bertujuan untuk menggali informasi perkembangan dan komitmen dari pemerintah daerah dalam implementasi RUED, khususnya status perkembangan energi surya di lingkup kewenangan masing-masing. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dari 9 provinsi, dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral/rumpun dinas terkait dari 30 provinsi.

Forum Energi Daerah
 

Daftar Pertanyaan